Text
Implementasi Augmented Reality Pada Aplikasi Pengenalan Huruf Aksara Lontara Berbasis Android
Bahasa Bugis di Sekolah Dasar merupakan bagian dari kurikulum muatan okal (mulok) Terdiri dari beberapa standar kompetensi diantaranya mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, dan apresiasi sastra. Sekolah Dasar juga merupakan salah satu tempat berlangsungnya pendidikan mata pelajaran tersebut. Mata pelajaran muatan lokal Bahasa Bugis ( Lontara )merupakan muatan lokal wajib untuk Provinsi Sulawesi Selatan khsusnya pada SDN KIP Baraya Kota Makassar, yang dimulai dari kelas I sampai dengan kelas VI. Kemampuan membaca dalam pembelajaran bahasa Bugis ada dua macam, yaitu : membaca bacaan bahasa Bugis berhuruf latin dan membaca bacaan Bahasa Bugis berhuruf bugis (Lontara ). Desain penelitian yang digunakan adalah UML yang didesain secara terstruktur yang terdiri dari rancangan model use case diagram, activity diagram, sequence diagram. Dalam penelitian ini pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah Aplikasi Implementasi Augmanted Reality Pada Aplikasi Pengenalan Huruf Lontara Berbasis Android dapat menampilkan objek huruf lontara tiga dimensi dan menampilkan suara huruf serta dapat menampilkan animasi cara menulis huruf lontara. Dengan adanya Aplikasi pengenalan lontara menggunakan Augmented Reality untuk pendidikan sekolah dasar, di harapkan dapat membantu memahami tentang mengenal huruf lontara dan siswa dapat lebih tertarik mempelajarinya.
S170122 | SKR-2017 MIS i | Perpustakaan Universitas Handayani Makassar | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain