Text
Perancangan Game Pembelajaran Interaktif Pelajaran IPA Berbasis Multimedia Pada Sekolah Dasar Negeri 282 Tuboga Bulukumba
Multimedia memiliki peranan penting dalam media pembelajaran. penyampaian bahan ajar secara interaktif dan menarik dapat mempermudah pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk merancang game interaktif pembelajaran IPA berbasis multimedia yang menarik dan menyenangkan agar dapat mempermudah murid Sekolah Dasar dalam memahami pembelajaran IPA.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengamatan (observasi): pada teknik observasi, peneliti akan melakukan pengamatan pada aktifitas-aktifitas yang sedang berjalan di SDN 282 Tuboga Bulukumba yang berkaitan dengan data-data yang dibutuhkan. teknik wawancara digunakan peneliti dengan mewawancarai narasumber untuk memperoleh informasi. proses perancangan game pembelajaran interaktif pelajaran IPA ini dilakukan pada bulan April 2016 dengan menggunakan aplikasi bantuan yaitu sistem operasi windows dibuat dengan menggunakan bahasa pemgrograman adobe flash dan adobe photoshop.
hasil penelitian menunjukkan bahwa game pembelajaran interaktif pelajaran IPA ini dapat memudahkan murid Sekolah Dasar 282 Tuboga Bulukumba untuk memahami dan menguasai pelajaran IPA selama ini dianggap sebagai mata pelajaran yang rumit dan susah. selain itu para guru juga lebih terbantu dengan adanya game maka siswa lebih tertarik dalam mempelajari mata pelajaran IPA sehingga meningkatkan nilai prestasi mata pelajaran IPA pada rapor dan adanya game peran guru menjadi lebih efektif dan pengetahuan guru bertambah bukan hanya tentang mata pelajaran IPA tapi juga tentang teknologi.
S160007 | SKR-2016 SYA p | Perpustakaan Universitas Handayani Makassar | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain