Text
Pemanfaatan Augmented Reality (AR) Sebaga Media Pembelajaraan Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Android
Nurkhalik Wahdanial Asbara 2015130062. “Pemanfaatan Augmented Reality
Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis
Android”, yang dibimbing oleh bapak Dr.Ir.Zahir Zainuddin,M.Sc dan bapak
Dr.Eng.Agussalim,MT.
Huruf hijaiyah adalah merupakan salah satu pelajaran yang wajib dipelajari
terkhusunya kepada semua umat beragama Islam. Adapun tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk menyajikan suatu model pembelajaran 3 Dimensi yang lebih menarik
dan interaktif dan memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dengan dunia visual.
Terkait dengan hal tersebut maka penulis akan membuat sebuah aplikasi augmented
reality pengenalan Huruf Hijaiyah.
Untuk menyempurnakan data-data yang dibutuhkan, maka penulis melakukan
pengumpulan data dengan menggunakan dua cara yaitu Penelitian Kepustakaan
(Library Research), yaitu pengumpulan data dengan cara membaca buku melalui
literature, tutorial-tutorial maupun artikel dari internet dan Penelitian Lapangan
(Field Research), yaitu dilakukan dengan cara mengumpulkan data secara langsung
kepada objek penelitian.
Dengan memanfaatkan teknologi augmented reality membuat pembelajaran
khususnya pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah ini menjadi lebih menarik
pengguna untuk mengenal huruf hijaiyah dan lebih interaktif dengan
memvisualisasikan objek huruf hijaiyah sehingga membuat pengguna sangat
antuisias untuk mempelajarinya. Setelah melakukan pengujian sistem
menggunakan metode blackbox maka dapat dikatakan aplikasi augmented reality
Pengenalan Huruf Hijaiyah ini berhasil dan dapat dijalankan sesuai dengan yang
diharapkan pengguna sistem.
T180013 | TESIS-2018 NAS p | Perpustakaan Universitas Handayani Makassar | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain