Text
Perancangan Program Pandu Pengunjung Menggunakan Augmented Reality Untuk Museum La Galigo Makassar
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Aplikasi “Perancangan program pandu pengunjung menggunakan augmented reality untuk museum la galigo makassar” sebagai salah satu media untuk memperkenalkan lukisan yang ada di Museum La Galigo makassar; dan (2) Dengan adanya aplikasi ini diharapkan mampu membantu pengunjung ketika melakukan kunjungan/ wisata ke museum, dengan menggunakan aplikasi ini sebagai acuan pemandu secara virtual. Aplikasi ini dirancang dan disesuaikan untuk pengunjung khususnya anak-anak. Proses pengujian aplikasi terdiri dari dua tahap, yaitu pengujian sistem dan pengujian lapangan. Pengujian sistem dilakukan pada beberapa smartphone untuk mengetahui spesifikasi smartphone yang mendukung berjalannya aplikasi ini. Pengujian lapangan yaitu pengujian aplikasi langsung pada pengunjung di museum la galigo.
Hasil dari aplikasi “Perancangan program pandu pengunjung menggunakan augmented reality untuk museum la galigo makassar” yang memiliki fitur 1) Menampilkan Animasi 3D; 2) Menampilkan audio dan test deskripsi. Hasil yang didapat dari uji coba penelitian ini dengan memberikan kuisioner ke pengunjung yang ada di museum la galigo, dari 10 responden menyatakan bahwa aplikasi ini sangat bagus dan membantu, dan untuk pengujian penggunaan aplikasi ini menunjukkan bahwa jarak maksimal pendeteksian marker untuk mendapatkan hasil yang stabil yaitu pada jarak 40-80cm dengan pengambilan sudut kemiringan kamera sebesar 0-15 derajat
S190027 | SKR - 2019 RAC p | Perpustakaan Universitas Handayani Makassar | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain