UPT Perpustakaan Universitas Handayani

Jl. Adhyaksa Baru No. 1 Lantai 5

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Statistik Koleksi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perancangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game Android Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Menggunakan Algortima Suffix Tree dan Algoritma Fisher-Yates

Text

Perancangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game Android Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Menggunakan Algortima Suffix Tree dan Algoritma Fisher-Yates

Petti Pajriati - Nama Orang; Herlinah - Nama Orang; Billy Eden William Asrul - Nama Orang;

Abstrak
Pendidikan merupakan hak bagi setiap individu. Tidak hanya mereka yang memiliki kondisi normal saja, tetapi juga mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Terbatasnya kemampuan intelektual pada anak tunarungu membawa konsekuensi pada kesulitan mereka dalam mengikuti pelajaran akademik termasuk pelajaran matematika. Namun sebaliknya permainan lebih diminati oleh anak-anak, permainan yang banyak menyita perhatian siswa adalah game. Dimana dalam perkembangan teknologi sekarang ini game lebih banyak diminati oleh anak-anak terutama game android. Sehingga dibutuhkan suatu aplikasi sebagai media pembelajaran untuk menarik minat anak tunarungu dalam mengembangkan kecerdasan yang dimilikinya. Aplikasi ini dibuat sebagai sarana untuk memberikan kemudahan kepada anak tunarungu dalam membantu proses pembelajaran matematika.
Desain penelitian yang digunakan adalah UML(Unified Modeling Languange), yang didesain secara terstruktur yang terdiri dari rancangan model usecase diagram, activity diagram, dan sequence diagram. Metode yang digunakan adalah suffix tree dan fisher-yates. Algoritma Suffix tree adalah salah satu algotirma yang dapat digunakan untuk mencari dimana sebuah string apakah ditemukan dalam kumpulan string lain dengan ukuran besar. Algoritma Fisher-Yates adalah algoritma yang menghasilkan permutasi acak dari suatu himpunan terhingga, dengan kata lain untuk mengacak suatu himpunan tersebut.
Hasil dari penelitian ini adalah dihasilkannya sebuah aplikasi game berbasis android diberi nama game matematika, sebuah aplikasi yang dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran matematika untuk anak tunarungu dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini mudah di pelajari dan terdapat media yang membuat anak-anak senang. Algoritma suffix tree dan algortima fisher-yates, algortima tersebut berfungsi untuk mengacak soal dan jawaban sehingga menghasilkan aplikasi media pembelajaran matematika untuk anak tunarungu.


Ketersediaan
S210027SKR - 2021 PAJ pPerpustakaan Universitas Handayani Makassar (Teknik informatika)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SKR - 2021 PAJ p
Penerbit
Makassar : s.n., 2021
Deskripsi Fisik
xv, 91 hlm.; 29 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR - 2021
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed. 1, Cet. 1
Subjek
android
Matematika
Aplikasi
Pembelajaran
, aplikasi
tunarungu
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Petti Pajriati
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan Universitas Handayani
  • Informasi
  • Perpanjang Mandiri
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan STMIK HANDAYANI terbentuk bersamaan dengan berdirinya STMIK HANDAYANI pada tahun 1996 sebagai sarana pen-dukung utama dalam penyelenggaraan pen-didikan dan pengajaran. Read more...

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2023 — Customized by Vinesia

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik