Text
Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma
dalam persaingan dunia bisnis sekarang ini menurut para pelakunya untuk senantiasa mengembangkan bisnis mereka dan juga agar selalu bertahan dalam persainan ini. untuk memenuhi kebutuhan tersebut terdapat beberapa hal yang bisa dijalankan salah satunya adalah dengan melakukan analisi data perusahaan. untuk itu maka pengelola harus mencermati pola-pola pembelian yang dilakukan oleh konsumen. toko sumber karya merupakan sebuah toko yang bergerak dalam bidang penjualan barang campuran, seperti bahan makanan, dan alat rumah tangga. sedangkan untuk menempatan barngaya itu hanya mengandalkan insting semata dan besar tempat yang di ambil dari barang jualan tersebut, sehingga data penjualan tersebut tidak di pergunakan maksimal.
penelitian ini menggunakan algoritma apriori sebagai prosedur perhitungan untuk menemukan hasil pola asosiasi itemset. algoritma apriori adalah langkah utama menemukan freqwen-itemset dengan melakukan iterasi pada data. dimana itemset adalah himpunan item-item yang berada didalam himpunana yang diolah oleh sistem , sedangkan freqwen-itemset menunjukkan itemset yang memiliki frekuensi kemunculan yang dari nilai minimun yang telah ditentukan. algotitma aptiori adalah suatu metode untuk mencari pola hubungan antara satu atau lebih item dalam suatu dataset. algoritma apriori banyak digunakan pada data transaksi atau bisa disebut marketing basket.
berdasarkan hasil analisis data mining yang mengggunakan algoritma apriori, diperoleh aturan asosiasi yang menunjukkan pola beli konsumen dan seberapa kuat suatu item mempengaruhi item lain dan dengan algoritma apriori juga dapat membentuk pola kombinasi suatu barang ke barang yang lain berdasarkan pola kebiasaan komsumen.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain