Text
Aplikasi Game Menulis Huruf Hiragana dan Katakana Berbasis Desktop
Bahasa Jepang saat ini menjadi ketertarikan bagi masyarakat Indonesia yang disebabkan oleh budaya Jepang yang sekarang banyak digemari di Indonesia salah satunya seperti kartun dan anime Jepang. Kebutuhan akan bahasa Jepang sudah menjadi prioritas yang harus dipenuhi karena kegunaannya dalam berbagai hal seperti adanya kunjungan belajar dari Jepang, beasiswa melanjutkan studi di Jepang, menjamu wisatawan Jepang yang datang berkunjung ke Indonesia, dll. Hal ini dapat dilihat dengan ditambahkannya pelajaran bahasa Jepang ke dalam kurikulum sekolah tingkat menengah dan tingkat dasar pada sekolah berstandar internasional. Berbagai kursus bahasa Jepang juga banyak diadakan di Indonesia demi membantu dalam memenuhi kebutuhan akan bahasa Jepang. Bahasa Jepang menggunakan kata sandi yang berbeda dengan bahasa Indonesia yaitu berupa huruf Hiragana dan Katakana.
Dalam membuat Aplikasi pembelajaran huruf jepang hiragana dan katakana penulis menggunakan perangkat lunak unity 3D untuk membuat background, animasi, latar belakang suara dan efek suara. Dalam melakukan penelitian ini, digunakan jenis penelitan kualitatif dengan metode Design and Creation. Selain itu, metode perancangan waterfall digunakan untuk pembuatan sistem. Aplikasi ini berjalan pada perangkat Desktop dengan sistem operasi windows. Dirancang menggunakan bahasa pemrograman C#. Dalam pemodelannya aplikasi ini menggunakan metode UML berupa use case diagram ,activity diagram, dan sequence diagram dan diuji menggunakan metode pengujian Blackbox
Hasil dari penelitian ini adalah dihasilkannya sebuah aplikasi game menulis huruf hiragana dan katakanaa berbasis Desktop, sebuah aplikasi yang dapat digunakan sebagai sarana untuk edukasi penulisan huruf aksara hiragana dan katakana.
S190066 | SKR - 2019 PRA a | Perpustakaan Universitas Handayani Makassar (Teknologi Informatika) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain