Text
Penerapan metode K-Means untuk Penyebaran Costumer di PT. Indo Aman Jaya (UPG 47 Nusantara) Lestari Berbasis Web
J&T Express merupakan penyedia jasa pengiriman barang dalam kota dan luar kota, J&T Express memiliki 48 cabang outlet di beberapa daerah di makassar, Dari sekian banyak jasa ekspedisi yang kita kenal di Indonesia, J&T Express adalah si pendatang baru yang langsung berhasil merebut hati pelanggan. Sudah banyak juga pelaku bisnis online yang bermitra dengan J&T Express. Untuk memperoleh serta menambah customer, diperlukan strategi khusus agar pemasaran yang dilakukan lebih efektif dan effisien, maka dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengolah data-data customer yang sudah ada.
WebGIS merupakan sistem informasi geografis berbasis web, yaitu suatu aplikasi yang dapat dijalankan dan diaplikasikan pada suatu web browser apakah aplikasi tersebut dalam jaringan computer global yaitu internet ataupun dalam suatu jaringan berbasis Local Area Network (LAN) atau dalam suatu Personal Computer (PC) namun memiliki dan terkonfigurasi dalam setting jaringan dalam web servernya. Metode yang digunakan adalah K-Means yang merupakan salah satu algoritma clustering bertujuan untuk membagi data menjadi beberapa kelompok. Dalam penelitian ini pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan Dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah Sistem ini dapat digunakan untuk membantu bagian admin J&T express. Dalam sistem ini terdapat fungsi menganalisa data yang dimana akan mengeluarkan hasil data analisa pengiriman paket customer yang sudah di cluster kan beserta dengan keterangan pemberian cashback pada customer untuk meningkatkan kepercayaan pada customer.
S190075 | SKR - 2019 NUR | Perpustakaan Universitas Handayani Makassar (Teknik Informatika) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain