Text
Aplikasi Multimedia Pengenalan Jenis Kebudayaan Kabupaten Mamasa Berbasis Android
Pendidikan sebagai salah satu upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, yang mempunyai peran penting dalam proses pengenalan kebudayaan indonesia. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk (1) Untuk merancang aplikasi multimedia pengenalan jenis kebudayaan kabupaten Mamasa. (2) Untuk mengimplementasikan aplikasi multimedia pengenalan jenis kebudayaan kabupaten Mamasa berbasis android. Sistem tersebut membantu anak-anak dan masyarakat secara umum untuk mengetahui adat Mamasa melalui sebuah permainan, yang saat ini sudah jarang diketahui masyarakat.
Alat perancangan sistem yang digunakan yaitu Unified Modeling Language (UML) yang didesain secara terstruktur yang terdiri dari rancangan model use case diagram, activity diagram dan sequence diagram. Aplikasi yang digunakan untuk membuat objek 3D yaitu Blender dan Unity 3D. Untuk design aplikasi menggunakan Corel Draw X7.
Hasil dari pengujian sistem ini menunjukkan bahwa, aplikasi multimedia pengenalan jenis kebudayaan kabupaten Mamasa dapat membantu masyarakat dalam mempelajari kebudayaan yang ada di wilayah Kabupaten mamasa yang mulai tergerus oleh permainan dari luar, yang dirancang dalam bentuk aplikasi Android.
S210023 | SKR - 2021 AMS a | Perpustakaan Universitas Handayani Makassar (Teknik Informatika) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain