Text
Implementasi Metode Fonetis pada Game Edukasi Meyusun Huruf Alphabet Menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle Berbasis Android
Penggunaan media pembelajaran saat ini belum maksimal, hal tersebutdapat mempengaruhi ketertarikan anak dalam mengikuti proses pembelajaran.Tujuan dari penelitian adalah untuk merancang game edukasi sebagai mediaalternatif pembelajaran untuk mengenal huruf dan menyusun hurufmengimplementasikan metode fonetis pada game edukasi menyusun hurufalphabet, menerapkan algoritma fisher yates shuffle untuk mengacak soal kuis padagame edukasi menyusun huruf. Penelitian ini menggunakan metode fonetik untuk membuat anak mudah dan cepat mengenal bentuk, bunyi huruf dan kombinasinya sedangkan algoritmafisher yates shuffle untuk mengacak gambar dan soal kuis huruf alphaet. Pengembangan sistem yang digunakan yaitu UML (Unified Modeling Language). Sedangkan pembuatan media dalam skripsi ini menggunakan aplikasi coreldrawphotoshop dan untuk membuat aplikasinya menggunakan android studio.
Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran dalam bentuk gameedukasi bertema puzzle, keseluruhan fitur audio dan gambar pada pembelajaranmengenal huruf alphabet, hewan, buah-buahan dan benda sudah berjalansebagaimana seharusnya dan dapat menghasilkan output yang dihasilkan,.Pengimplementasian metode fonetis membantu anak-anak dalam penyebutan
huruf-huruf, algoritma fisher yates shuffle sesuai untuk pengacakan soal dengan waktu eksekusi yang cepat serta tidak memerlukan waktu yang lana untuk melakukan suatu pengacakan. Dalam pengembangan aplikasi ini metode yangdigunakan pada algoritma fisher yates adalah metode modern yang menghasilkan pengacakan lebih variatif.
S210004 | SKR - 2021 MUK i | Perpustakaan Universitas Handayani Makassar | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain